Kompas.com - 11/02/2013, 18:35 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Konklaf atau pemilihan Paus baru seturut tradisi Gereja Katolik Roma digelar sebelum akhir Maret 2013 menyusul realisasi pengunduran diri Paus Benediktus XVI pada Kamis (28/2/2013).

Sebagaimana warta AP pada Senin (11/2/2013), Paus yang kini berusia 85 tahun tersebut mengumumkan pengunduran dirinya pada pertemuan dengan para kardinal. "Paus mengumumkan pengunduran dirinya dalam Bahasa Latin," tulis AP.

Seturut catatan terkumpul, pada 1415, Paus Gregorius XII mengundurkan diri dari jabatannya. Kebijakan ini diambil untuk mengakhiri Schisma Barat saat muncul Paus tandingan lantaran perpecahan politik di Eropa yang ikut menyeret Gereja Katolik Roma.

Konklaf lazimnya dilakukan setelah seorang Paus meninggal dunia. Vatikan masih mempertahankan asap yang keluar dari Basilika Santo Petrus. "Kita punya Paus baru!"begitu biasanya warga masyarakat yang melihat kepulan asap sebagai penanda berakhirnya konklaf dan terpilihnya Paus baru. 

Benediktus XVI menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang meninggal dunia pada 2005 silam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.