Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Dahsyat Terjadi di Kota Gao

Kompas.com - 11/02/2013, 15:21 WIB

BAMAKO, KOMPAS.com - Sebuah ledakan kuat terjadi di Gao, kota terbesar di wilayah utara Mali, Senin (11/2/2013) pagi, hanya beberapa jam setelah terjadi baku tembak antara pemberontak dan pasukan gabungan Mali-Perancis.

Pasukan Mali mengatakan ledakan itu terdengar dari sebelah utara Gao, kemungkinan besar dari pos pemeriksaan di pintu masuk kota sebelah utara. Di lokasi itu pula dua bom bunuh diri terjadi akhir pekan lalu.

Sebelumnya, pasukan pemberontak Mali menyerang Gao, kota terbesar di wilayah utara Mali, Minggu (10/2/2013).

Serangan yang muncul setelah berturut-turut serangan bom bunuh diri  dua hari berturut-turut ini menandai semakin intensifnya perlawanan pemberontak di kawasan yang berhasil direbut kembali pasukan pimpinan Perancis.

Dalam serangan gerilya berskala besar pertama itu, para pemberontak Gerakan Kesatuan dan Jihad di Afrika Barat (MUJAO) menyerang pasukan Mali di jalanan pusat kota Gao.

Serangan ini membuat warga panik dan harus mencari perlindungan dari desingan peluru AK-47 dan senapan mesin kaliber 14,5 milimeter.

Peluru dari roket peluncur granat (RPG) dan senapan mesin berat terus berhamburan hingga sore hari. Baku tembak berhenti ketika listrik dipadamkan saat malam tiba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com