Kompas.com - 11/02/2013, 11:05 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Harian The Washington Post, Minggu (10/2/2013), dalam tulisannya mengklaim Iran dan sekutunya di Lebanon, Hezbollah, berencana membangun jaringan milisi di Suriah untuk melindungi kepentingan mereka saat Presiden Bashar al-Assad tumbang.

Dengan mengutip sejumlah narasumber para petinggi AS dan Timur Tengah yang tak ingin disebutkan namanya, koran itu mengatakan, tujuan Iran adalah memiliki jaringan agen yang bisa diandalkan di Suriah jika negeri itu jatuh ke dalam konflik etnis dan sektarian.

Iran mengklaim mendukung 50.000 anggota milisi di Suriah.

"Ini adalah sebuah operasi besar," tulis The Washington Post mengutip seorang pejabat senior AS.

"Hal terpenting bagi Iran adalah memiliki sebuah kekuatan di dalam Suriah yang bisa diandalkan," katanya.

"Di satu sisi Iran mendukung Assad, tetapi di sisi lain Iran tengah menyiapkan rencana menghadapi hal-hal yang tak diinginkan jika Assad jatuh," masih tulis The Post mengutip seorang pejabat senior salah satu negara Timur Tengah.

Para sekutu Teheran di Suriah adalah kelompok Syiah dan Alawite terkonsentrasi di provinsi yang terletak dekat perbatasan dengan Lebanon dan di kota pelabuhan Latakia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di bawah sebuah skenario terburuk, sisa-sisa pemerintahan Assad—dengan atau tanpa Assad—akan mencari perlindungan di kota pesisir yang dekat dengan Iran itu.

Kota ini akan sangat tergantung pada Iran untuk keselamatan dan membantu terpeliharanya hubungan dengan Hezbollah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.