Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tionghoa di Bone Rayakan Imlek

Kompas.com - 10/02/2013, 14:23 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Ratusan warga Tionghoa di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, merayakan Tahun Baru Imlek 2564  dengan penuh suka cita. Perayaan Imlek yang dipusatkan di Wihara Dharma Palakka jalan Salak, Kelurahan Macege, Kecamatan Taneteriattang ini diikuti oleh 150 warga Tionghoa. Minggu, (10/02/2013).

Komunitas Tionghoa di Kabupaten Bone sendiri telah ada sejak sebelum kemerdekaan. Menurut informasi, pada tahun 1800-an, hanya terdapat tiga kepala keluarga di Bone.

"Mereka dulu masuk dan mendapatkan tempat dan bergaul dengan seluruh masyarakat sebagai pedagang dan menetap di sini sebagai warga Bone," jelas Asmat, seorang budayawan setempat. 

Menurut Ketua Perhimpunan Warga Tionghoa Kabupaten Bone, Hakim Lewa, Tahun Baru Imlek kali ini dirayakan secara sederhana. Tidak ada pertunjukan barongsai seperti tahun-tahun sebelumnya.

Yang lebih penting, kata Hakim Lewa, Imlek merupakan momentum untuk berdoa agar mereka mendapat kelimpahan rezeki dan kesejahteraan.

"Semoga di Tahun Ular ini kita semua dimudahkan rezeki dan sejahtera. Dan ini bukan untuk warga Tionghoa saja,  melainkan seluruh warga di Bone. Agar segala urusannya dimudahkan," kata Hakim Lewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com