Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing Tuntaskan Tes Terbang Dreamliner

Kompas.com - 10/02/2013, 07:50 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat pesawat terbang Boeing Company menuntaskan serangkaian tes terbang Dreamliner 787 di Seattle pada Sabtu (9/2/2013). Tes ini, tulis AP, merupakan bagian dari upaya Boeing membenahi kerusakan pada batere lithium pesawat berbadan besar itu.

Sebagaimana diketahui, lantaran kerusakan tersebut, Boeing menghentikan seluruh penerbangan Dreamliner di seluruh dunia sejak tiga minggu silam. Tes pamungkas itu berlangsung selama dua jam sembilan belas menit sejak lepas landas hingga mendarat di lapangan udara Boeing Company. "Kru pesawat melaporkan tes terbang itu berhasil dan tak banyak peristiwa yang terjadi,"kata pihak Boeing Company.

Dreamliner 787 tersebut adalah pesawat ketujuh yang menjalani tes terbang. Kode pesawat ZA005 adalah satu-satunya nomor dalam serangkaian tes tersebut. "Dalam tes ZA005 itu, Dreamliner 787 mengangkut 13 kru termasuk pilot dan petugas-petugas pelaksana tes,"kata pernyataan Boeing Company.

Total 50 pesawat Dreamliner 787 yang melayani penerbangan komersial terpaksa di-grounded alias tak diizinkan terbang sejak 16 Januari 2013. Pemicunya adalah kebakaran terkait rusaknya batere Dreamliner yang tengah parkir di Bandara Internasional Logan, Boston. Perkara batere itu juga terjadi di beberapa pesawat sejenis milik maskapai penerbangan ANA di Jepang.

Boeing Company mengakui lantaran Dreamliner dikandangkan , pundi-pundi perusahaan terkuras miliaran dollar AS. Sementara otoritas penerbangan sipil AS (FAA) bakal memberikan izin terbang bagi Dreamliner dengan berbagai syarat ketat.

Sampai dengan Minggu (10/2/2013), Boeing Company menegaskan tak ada penerbangan Dreamliner pascates terakhir itu hingga minggu depan. Selama waktu itu, Boeing masih melakukan pembuatan ringkasan terhadap seluruh tes penerbangan Dreamliner 787.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com