Kompas.com - 10/02/2013, 07:50 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat pesawat terbang Boeing Company menuntaskan serangkaian tes terbang Dreamliner 787 di Seattle pada Sabtu (9/2/2013). Tes ini, tulis AP, merupakan bagian dari upaya Boeing membenahi kerusakan pada batere lithium pesawat berbadan besar itu.

Sebagaimana diketahui, lantaran kerusakan tersebut, Boeing menghentikan seluruh penerbangan Dreamliner di seluruh dunia sejak tiga minggu silam. Tes pamungkas itu berlangsung selama dua jam sembilan belas menit sejak lepas landas hingga mendarat di lapangan udara Boeing Company. "Kru pesawat melaporkan tes terbang itu berhasil dan tak banyak peristiwa yang terjadi,"kata pihak Boeing Company.

Dreamliner 787 tersebut adalah pesawat ketujuh yang menjalani tes terbang. Kode pesawat ZA005 adalah satu-satunya nomor dalam serangkaian tes tersebut. "Dalam tes ZA005 itu, Dreamliner 787 mengangkut 13 kru termasuk pilot dan petugas-petugas pelaksana tes,"kata pernyataan Boeing Company.

Total 50 pesawat Dreamliner 787 yang melayani penerbangan komersial terpaksa di-grounded alias tak diizinkan terbang sejak 16 Januari 2013. Pemicunya adalah kebakaran terkait rusaknya batere Dreamliner yang tengah parkir di Bandara Internasional Logan, Boston. Perkara batere itu juga terjadi di beberapa pesawat sejenis milik maskapai penerbangan ANA di Jepang.

Boeing Company mengakui lantaran Dreamliner dikandangkan , pundi-pundi perusahaan terkuras miliaran dollar AS. Sementara otoritas penerbangan sipil AS (FAA) bakal memberikan izin terbang bagi Dreamliner dengan berbagai syarat ketat.

Sampai dengan Minggu (10/2/2013), Boeing Company menegaskan tak ada penerbangan Dreamliner pascates terakhir itu hingga minggu depan. Selama waktu itu, Boeing masih melakukan pembuatan ringkasan terhadap seluruh tes penerbangan Dreamliner 787.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.