Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukacita Imlek di Ambarawa Dirayakan Multi-etnis

Kompas.com - 10/02/2013, 01:49 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

AMBARAWA, KOMPAS.com - Sukacita merayakan tahun baru Imlek tidak hanya dirasakan warga keturunan Tionghoa. Di Ambarawa, tepatnya di kelenteng Hok Tik Bio, warga Ambarawa tumpah ruah berdiri di jalan Jendral Sudirman sekitar lokasi demi melihat perayaan tahun baru Imlek meskipun acara baru akan mulai jam 20.00 WIB.

Salah seorang pengunjung, Muhdi (35) warga kelurahan Panjang, Ambarawa mengatakan, sengaja membawa kedua anaknya untuk menyaksikan barongsai dan pertunjukan kesenian Tioanghoa lainnya.

"Meskipun saya bukan China, tapi saya senang dengan kebudayaan mereka. Saya asli warga Ambarawa dan tak pernah melewatkan kemeriahan acara Imlek di sini. Setelah sholat maghrib tadi saya langsung ke sini dengan anak-anak," katanya.

Pantauan di lapangan, arus lalu lintas di depan klenteng Hok Tik Bio mulai tersendat. Pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas apabila kendaraan tidak bisa bergerak sama sekali di jalur utama Semarang-Magelang ini.

Panitia sengaja memasang layar lebar di pinggir jalan, untuk memberi kesempatan khalayak ramai menyaksikan perayaan Imlek karena halaman kelenteng yang terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com