Kompas.com - 10/02/2013, 01:21 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan lampion telah menghiasi langit-langit di vihara Han Thian Siang Tee Bio, Palmerah, Jakarta Barat, berkenaan dengan segera datangnya pergantian tahun yang akan jatuh pada nanti malam, Minggu (9/1/2013). Lampion-lampion itu digantung disertai dengan nama-nama yang menandakan pemilik dari lampion tersebut.

Nama-nama itu sendiri tidak hanya nama perseorangan tetapi juga nama keluarga besar maupun tempat usaha. Di bawah nama tertulis asal tempat pemilik lampion diantaranya seperti Herman Kusnadi - Perum Alfa Indah Jakarta Selatan, Lim Cho Fat - Bangka, Jaya Sentosa Motor - Jakarta Pusat, Keluarga Liem Wie Eng - Palmerah, Tjee Tjin To - Sao Paolo Brazil.

"Itu merupakan bentuk kepercayaan yang merefleksikan penerangan diri dan keluarga," kata Sanjaya, Kepala Bagian Rumah Tangga Vihara.

Vihara Han Thian Siang Tee Bio sendiri merupakan salah satu vihara yang telah berdiri lama. Vihara yang terletak di belakang Pasar Palmerah tersebut telah berumur sekitar dua ratusan tahun.

"Saya lupa tepatnya tapi yang pasti berdiri sekitar tahun 1800-an. Dibanding rel kereta lebih duluan tempat ini," ujar Sanjaya.

Menurut Sanjaya, setiap perayaan Imlek, pihak vihara akan melayani warga yang akan beribadah selama 24 jam karena dari sejak malam sampai besok pagi warga akan datang silih berganti ke vihara untuk melaksanakan ibadah. Selain itu, pihak vihara juga menyediakan hidangan makanan bagi warga yang datang beribadah.

"Biasanya ramai saat jam 12 dan besok pagi. Kebanyakan warga yang datang berasal dari sekitar Palmerah, Tanjung Duren dan mahasiswa Binus," terangnya.

Berdasarkan penanggalan kalender China, Imlek tahun ini merupakan perayaan Tahun Baru 2564 yang merupakan tahun Ular Air. Menurut para ahli Feng Shui, shio Ular elemen Air yang terakhir kali muncul pada tahun 1953 merupakan karakter yang berpengaruh, penuh motivasi, berwawasan, intelektual, bekerja dengan baik namun buas dan penuh tipu muslihat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.