Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliner dan Obyek Wisata Harus Harmonis

Kompas.com - 09/02/2013, 14:40 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tazbir Abdullah, mengatakan hubungan antara kuliner dengan obyek wisata harus terjalin harmonis. "Kuliner dan obyek wisata yang ditempati memiliki hubungan timbal balik yang sama-sama menguntungkan," katanya di Yogyakarta, Jumat (8/2/2013).

Menurut Tazbir, semakin menarik keberadaan kuliner di setiap obyek wisata, dapat mendorong semakin banyaknya kunjungan wisata. "Misalnya Pantai Depok di Kabupaten Bantul yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan, antara lain dipengaruhi karena faktor lengkapnya ketersediaan wahana kuliner di obyek wisata tersebut," katanya.

Hampir setiap wisatawan mempertimbangkan ketersediaan wahana kuliner untuk mengunjungi obyek-obyek wisata yang dituju. "Kalau tidak ada kuliner, bisa saja mereka memilih obyek lain, karena dalam berwisata, biasanya mereka membutuhkan makanan khususnya yang memiliki ciri khas setempat," katanya.

Keberadaan kuliner, lanjut Tazbir, dapat selalu melengkapi obyek wisata, dengan syarat mempertimbangkan aspek yang mengedepankan kepuasan pangunjung atau wisatawan. "Jangan sampai sebaliknya, justru memunculkan komplain dari wisatawan, baik mengenai harga atau kualitas kuliner, sehingga dapat mengganggu citra objek wisata setempat," katanya.

Oleh karena itu, Tazbir mengimbau kepada para pengusaha kuliner yang ada di obyek-obyek wisata di Provinsi DIY untuk mampu menyajikan makanan yang berkualitas tinggi, tetapi harganya terjangkau. "Tentu mengecewakan apabila obyek wisatanya bagus, namun kuliner di sekitarnya mahal," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com