Kompas.com - 09/02/2013, 09:39 WIB
EditorJodhi Yudono

PALEMBANG, KOMPAS.com--Majelis Ulama Indonesia Sumatera Selatan mengimbau seluruh lapisan masyarakat agar tidak membesar besarkan perayaan hari kasih sayang secara berlebihan.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Selatan KH Sodikun kepada wartawan di Palembang, Sabtu, mengatakan perayaan hari kasih sayang bukan tradisi Indonesia, kerena amat kering dengan nilai-nilai keluhuran bangsa selama ini.

"Sebagaimana setiap 14 Februari masyarakat merayakan hari kasih sayang atau valentine seharusnya berpedoman dengan ajaran agama," katanya.

Karena itu MUI mengimbau masyarakat tidak perlu merayakannya, namun jika mau merayakan jangan berlebihan.

Dia mengatakan, berdasarkan ajaran agama, budaya, tradisi atau adat istiadat di Inondesia, kasih sayang yang diberikan kepada seseorang setiap saat, bukan hanya terbatas pada rentang waktu saja.

"Jadi atas dasar itulah, pihaknya juga mengingatkan, bahwa perayaan hari kasih sayang jangan dimaknai dengan kasih sayang yang berlebih atau lepas dari norma-norma yang ada dalam ajaran Islam," katanya.

Namun, pihaknya tidak melarang masyarakat merayakan hari kasih sayang asal berpedoman kepada ajaran agama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.