Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Imlek Dumai Gelar Festival Lampion

Kompas.com - 09/02/2013, 08:46 WIB

DUMAI, RIAU, KOMPAS.com--Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Dumai, Riau, akan menggelar festival lampion untuk menyemarakkan perayaan tahun baru Imlek 2564/2013.

Untuk menyukseskan kegiatan fastival ini, Pemkot Dumai akan menggandeng Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) kota Dumai dan tokoh masyarakat Tionghoa, kata Kepala Disbudparpora Dumai Eldar Afinta, Jumat.

Ia mengatakan, festival lampion merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan pemerintah dalam rangka menyambut dan menyemarakkan perayaan Imlek yang akan jatuh pada 10 Februari mendatang.

Festival ini akan memperlombakan keindahan, keserasian dan semarak seni pemasangan lampu lampion di setiap rumah maupun gedung dan pertokoan.

"Perlombaan ini tidak hanya untuk masyarakat Tionghoa, namun terbuka juga bagi masyarakat umum yang ingin menyemarakkan perayaan imlek ini," kata Eldar, Jumat.

Dia menjelaskan, panitia festival lampion akan memulai penilaian perlombaan pemasangan lampu lampion ini pada 12 hingga 14 Februari mendatang.

Untuk pemenang akan diumumkan pada malam puncak perayaan Imlek di Klenteng Hock Liong Kong di Jalan Kelakap tujuh pada 14 Februari mendatang.

"Penilaian akan dilakukan secara independen dan dengan melihat keindahan dan tata letak lampion dan pernak-pernik yang terpasang. Kepada pemenang akan menerima piala bergilir Walikota dan Tropy," sebutnya.

Sementara itu, Ketua PSMTI kota Dumai, Ramli mengatakan, festival lampion terselenggara berkat dukungan pemerintah dan saat ini sudah ribuan lampion terpasang diberbagai tempat.

Perayaan Festival lampion kali ini akan mengambil tema "Teng Long" yang bermakna budaya dan tradisi etnis Tionghoa serta melambangkan bentuk perayaan penuh kegembiraan.

Menjelang beberapa hari perayaan Imlek, nuansa Imlek kini sudah tampak dan terasa di berbagai sudut perkotaan dengan pemajangan lampion dan pernak-pernik khas Imlek. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com