Kompas.com - 08/02/2013, 16:52 WIB
EditorErvan Hardoko

BAMAKO, KOMPAS.com - Seorang pengebom bunuh diri meledakkan diri di dekat sekelompok tentara Mali di kota Gao, Jumat (8/1/2013). Demikian disampaikan seorang perwira militer Mali.

"Pengebom bunuh diri itu mendekati kami sambil menaiki sepeda motor, dia adalah orang Tamashek (Tuareg). Saat dia semakin dekat dia meledakkan ikat pinggangnya," kata Sersan Mamadou Keita.

"Dia tewas seketika dan di antara kami satu orang cedera," tambah Keita.

Serangan bom bunuh diri ini adalah yang pertama di Mali setelah serangan militer yang dipimpin Perancis berhasil memukul mundur pasukan pemberontak Islam dari kota-kota utama di wilayah utara Mali, yang sempat mereka kuasai selama 10 bulan.

Serangan itu terjadi sehari setelah Gerakan untuk Kesatuan dan Jihad di Afrika Barat (MUJAO) menyatakan telah menciptakan sebuah zona perang baru dengan mengincar konvoi militer dan memasang ranjau darat.

Sebelumnya, sebuah ranjau darat meledak pada Rabu (6/2/2013) di antara kota Douentza dan Gao yang menewaskan empat warga sipil yang baru pulang berbelanja di pasar.

Di kawasan yang sama pada 31 Januari lalu sebuah ranjau juga meledak dan menewaskan dua tentara Mali.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.