Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Oposisi Dimakamkan, Tunisia Tegang

Kompas.com - 08/02/2013, 16:20 WIB

TUNIS, KOMPAS.com - Mogok umum sedang berlangsung di Tunisia yang diserukan oleh serikat pekerja berpengaruh setelah pembunuhan kritikus terkenal Chokri Belaid.

Mogok umum ini bertepatan dengan pemakaman tokoh oposisi Chokri Belaid pada Jumat (08/02) yang ditembak mati tiga hari lalu oleh seorang penembak tunggal ketika hendak menuju ke kantornya.

Seruan mogok oleh Serikat Umum Pekerja Tunisia membuat ibukota negara, Tunis, lengang. Toko-toko tutup dan transportasi umum tidak beroperasi penuh.

Bus-bus yang beroperasi melaju di jalan-jalan yang sepi dan tidak banyak penumpang.

Para wartawan melaporkan ketegangan terasa semakin meningkat menjelang pemakaman Chokri Belaid dan protes diperkirakan akan terus berlanjut. 

Dituntut Mundur

Menurut seorang aktivis Tunisia, Miriam Ben Ghazi, suasana di ibukota mirip dengan situasi menjelang pergolakan yang akhirnya menumbangkan Presiden Zine El Abidine Ben Ali.

"Apa yang terjadi di Tunisia saat ini mengingatkan saya pada peristiwa dua tahun lalu. Di jalan-jalan terpancar semangat yang sama. Kemarahan terhadap pemerintah," kata Ben Ghazi.

Berbagai unjuk rasa terjadi menyusul pembununan Chokri Belaid. Pada Kamis kemarin polisi terlibat bentrok dengan pemrotes di ibukota Tunis dan kota-kota lain.

Pemrotes menuntut pemerintahan pimpinan partai berhaluan Islam Ennahda mundur. Mereka menuduh partai tersebut berada di balik pembunuhan Belaid.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com