Kompas.com - 08/02/2013, 15:44 WIB
EditorErvan Hardoko

ATLANTA, KOMPAS.com — Badan Pengawas Penerbangan AS (FAA) mengizinkan Boeing melakukan uji terbang pada pesawat-pesawat 787 Dreamliner.

Semua armada 787 dilarang terbang bulan lalu setelah sebuah baterai di pesawat terbakar, sedangkan kerusakan memaksa pesawat lain melakukan pendaratan darurat.

Para regulator penerbangan serta Boeing melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebabnya.

FAA mengatakan, uji penerbangan akan membantu mengumpulkan data tentang performa baterai "ketika pesawat mengudara."

Marc Birtel, juru bicara Boeing, menambahkan bahwa data seperti itu akan "mendukung penyelidikan berkelanjutan mengenai penyebab insiden baterai 787 baru-baru ini."

"Kami yakin bahwa 787 aman digunakan dalam beroperasi untuk aktivitas uji penerbangan ini," tambahnya.

FAA mengatakan telah meminta Boeing untuk melakukan uji dan inspeksi pra-penerbangan secara ekstensif dan bahwa penerbangan akan dilakukan "di wilayah udara di atas area yang tidak berpenghuni."

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.