Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Paralel Perbatasan Hanya Tahap Awal

Kompas.com - 08/02/2013, 15:01 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com- Pembangunan jalan paralel perbatasan Indonesia dan Malaysia di Kalimantan Barat seharusnya merupakan tahap awal untuk membuka isolasi di kawasan perbatasan. Setelah jalan dibangun di perbatasan, pemerintah punya pekerjaan rumah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan.

"Pembangunan jalan paralel baru tahap awal, bukan tahap akhir. Setelah jalan dibangun, sektor pendidikan dan kesehatan harus ditingkatkan karena menjadi penyumbang dominan dari rendahnya indeks pembangunan manusia," kata Erma, Jumat (8/2/2013).

Erma menambahkan, indeks pembangunan manusia di lima kabupaten umumnya rendah karena sektor pendidikan dan kesehatan belum bagus.

"Itu jugalah yang kemudian memengaruhi rendahnya IPM Provinsi Kalimantan Barat," ujar Erma. IPM Kalbar berada di urutan ke-28 dari 33 provinsi kendati besaran IPM terus meningkat.

Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya menjelaskan, program peningkatan kesejahteraan sebetulnya sudah tepat sasaran karena besaran IPM meningkat dari tahun ke tahun. Namun, harus ada sejumlah terobosan untuk mendongkrak urutan IPM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com