Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Terjun Lematang Indah, Wisata Andalan Kota Pagar Alam

Kompas.com - 08/02/2013, 12:40 WIB

KOMPAS.com - Palembang tidak hanya kaya dengan budaya dan tradisinya tetapi juga memiliki alam yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Lematang Indah. Air terjun ini terletak di Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. Air Terjun Lematang Indah tidak diragukan lagi, meski ketinggianya hanya 40 meter tidak seberapa dibanding Air Terjun Sipiso-Piso namun pemandangan sekitarnya yang hijau sangat memanjakan mata dan menyejukkan jiwa.

Air Terjun Lematang Indah merupakan salah satu obyek wisata alam andalan Kota Pagar Alam. Lokasinya strategis di pinggir jalan tepat di tikungan tajam dan jalanan yang menanjak ketika Anda menuju ke Kota Pagar Alam. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, Anda harus menuruni anak tangga. Di saat musim hujan Anda perlu berhati-hati menuruni anak tangga karena licin.

Di bawah air terjun ini juga terdapat aliran sungai yang jernih dihiasi bebatuan besar. Pepohonan di sekitar air terjun senantiasa dihinggapi burung-burung yang berkicau. Suara aliran sungai pun mampu membuai Anda untuk belama-lama menikmati keindahannya. Di lokasi Air Terjun Lematang Indah terdapat fasilitas yang kamar mandi dan juga tempat istirahat. Tiket ke lokasinya ini Rp 4.000 per orang.

Pada hari libur, Air Terjun Lematang Indah ramai dikunjungi wisatawan. Mereka datang dari Pagar Alam, Palembang, maupun dari luar Palembang. Perjalanan selama menuju Air Terjun Lematang Indah ini pun tidak membosankan karena Anda akan disuguhi gundukan pemandangan yang sangat indah.

Berkunjung  ke air terjun ini merupakan tidak akan mengecewakan Anda, terutama jika Anda pecinta keindahan alam. Udaranya yang bersih dan sejuk, airnya yang bersih, segar serta aliran sungai dan kicauan burung benar-benar dapat menghipnotis Anda. Duduk di bebatuan besar dan membenamkan kaki Anda ke dalam air yang sejuk sungguh merupakan kenikmatan tersendiri. Anda juga bisa berenang untuk menikmati dinginya pijatan air di kulit dan tubuh Anda.

Selain Air Terjun Lematang Indah masih banyak lagi yang dapat dikunjung, diantaranya adalah Air Terjun Embun, Air Terjun Pancur, Air Terjun Tujuh Kenangan, Air Terjun Mangkok dan Air Terjun Merak. Air Terjun ini terletak dalam satu kawasan di Kecamatan Pagar Alam Utara bisa juga melalui Kecamatan Pagar Alam Selatan. Obyek wisata ini bisa ditempuh dengan mudah dari pusat Kota Pagar Alam dengan jarak kurang lebih 8 km. Jalan menuju obyek wisata ini menanjak dengan pemandangan yang indah.

Air Terjun Lematang Indah dapat dijangkau dengan kendaraan, baik dari Lahat maupun Pagar Alam. Jalan menuju lokasi air terjun ini kondisinya baik karena merupakan jalan utama kabupaten namun cukup banyak tikungan dan berliku-liku.

Lokasi Air Terjun Lematang Indah terletak sekitar 10 km dari pusat kota Pagar Alam. Jika ditempuh dari kota Palembang akan memakan waktu sekitar 6  jam dengan jarak tempuh sekitar 298 km.

Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com