Kompas.com - 06/02/2013, 13:06 WIB
EditorEgidius Patnistik

JERUSALEM, KOMPAS.com — Israel telah mengerahkan sistem pertahanan rudal Iron Dome ketiga ke utara negara itu beberapa hari setelah melancarkan serangan udara di dalam wilayah Suriah, kata media Israel.

"Pengerahan sejumlah perangkat Iron Dome di utara negara itu muncul sebagai bagian dari pengaturan sistem itu," kata seorang juru bicara militer, Selasa (5/2/2013).

Pengiriman perangkat Iron Dome ketiga itu terjadi setelah Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak menyiratkan bahwa Israel bertanggung jawab atas serangan udara pada 30 Januari di dalam wilayah Suriah yang segera dikaitkan dengan negara Yahudi tersebut. Serangan itu menyasar sebuah kompleks militer di dekat Damaskus. Seorang pejabat Amerika Serikat kemudian mengatakan bahwa di kompleks yang menjadi target itu terdapat sejumlah rudal darat ke udara dan sebuah fasilitas yang letaknya berdekatan yang dikatakan sebagai gudang senjata kimia.

Media Israel bulan lalu melaporkan pengerahan dua perangkat Iron Dome ke utara negara itu sebagai pencegahan terhadap serangan potensial dari Suriah atau Lebanon. Israel takut akan kemungkinan senjata kimia Suriah jatuh ke tangan militan Islam begitu Presiden Bashar al-Assad jatuh. Ketakutan itu muncul saat Damaskus terus melawan pemberontakan yang telah berlangsung dua tahun yang telah berubah menjadi sebuah perang sipil yang berlumuran darah.

Sistem Iron Dome, yang dapat menembak jatuh rudal dengan jangkauan hingga 70 kilometer, akan memungkinkan Israel melancarkan serangan cepat terhadap target di dua negara tetangga di utara, kata sebuah sumber keamanan negara itu kepada AFP.

Sistem antirudal itu memainkan peran penting dalam konfrontasi selama delapan hari antara Israel dan militan Hamas yang berbasis di Gaza yang berakhir dengan kesepakatan gencatan senjata pada 21 November tahun lalu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.