Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Parlemen Main "Game" Saat Rapat

Kompas.com - 05/02/2013, 11:55 WIB

KOMPAS.com — Anggota DPR RI pernah ketahuan melihat film porno saat sidang. Di Perancis lain lagi. Sejumlah anggota parlemen Perancis tertangkap kamera sedang bermain scrabble dalam perdebatan tentang sebuah Rancangan Undang-Undang pernikahan gay.

Para anggota parlemen berhaluan sosialis itu terlihat asyik bermain game di iPad mereka selama sesi perdebatan malam tentang RUU itu di Majelis Nasional. Tidak jelas apakah foto-foto tersebut diambil selama istirahat atau saat perdebatan sedang berlangsung.

Kata-kata yang digunakan selama game itu antara lain gache, kata bahasa Perancis untuk "sampah", dan mufle yang dapat diterjemahkan sebagai moncong atau tolol.

Majelis Nasional telah menyetujui pasal kunci RUU yang akan melegalkan pernikahan gay. Langkah itu, yang disetujui 249 suara dibandingkan 97 yang menolak, akan membatalkan aturan hukum yang ada yang menyatakan bahwa pernikahan di Perancis harus di antara dua orang lawan jenis atau antara pria dan wanita.
 
Agar dapat menjadi UU, RUU itu sekarang harus disetujui Senat Perancis. Namun, RUU itu juga mencantumkan sebuah pasal yang telah menjadi kontroversial dalam perdebatan parlemen, yang dimulai Selasa lalu. RUU itu akan melegalkan adopsi gay, dan ratusan ribu pendukung serta penentang langkah itu telah mengadakan protes di Paris.

Perdebatan di parlemen tentang UU hak gay dijadwalkan selesai pada 12 Februari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com