Kompas.com - 05/02/2013, 11:45 WIB
EditorErvan Hardoko

RIYADH, KOMPAS.com - Seorang ulama Arab Saudi membuat usulan yang memicu kontroversi. Dia mengusulkan agar bayi perempuan mengenakan burka untuk menghindari pelecehan seksual.

Seperti diberitakan situs berita Al-Arabiya, Sheikh Abdullah Daoud, dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi al-Majd menegaskan bahwa burka akan melindungi bayi-bayi perempuan.

Sheikh Abdullah berusaha memperkuat usulannya dengan klaim bahwa pelecehan seksual terhadap bayi perempuan juga terjadi di kerajaan itu. Dia mengutip sumber-sumber otorita kesehatan dan keamanan yang tak disebutkan namanya.

Usulan Sheikh Abdullah ini mengundang kontroversi dan kecaman dari warga Arab Saudi. Melalui situs jejaring sosial Twitter, sejumlah warga Arab Saudi menilai usulan Sheikh Abdullah justru akan semakin memperburuk citra Islam.

Seorang mantan hakim Mohammad al-Jzlana kepada Al-Arabiya menilai pernyataan Sheikh Abdullah itu membuat wajah Islam semakin buruk.

Sehingga, Jzlana mengimbau masyarakat untuk mengabaikan fatwa tersebut. Dia menambahkan untuk sejumlah peraturan khusus diatur pemerintah Arab Saudi dan pemerintah akan menunjuk seorang pejabat untuk menjabarkan perintah tersebut.

Jzlana bahkan mengatakan dia merasa sedih saat melihat satu keluarga yang tengah bepergian membawa bayi yang memakai burka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu tidak adil bagi si bayi," kata Jzlana.

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X