Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebocoran Gas, Penyebab Ledakan Kantor Pemex

Kompas.com - 05/02/2013, 10:52 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Kebocoran gas di ruang bawah tanah kantor pusat perusahaan minyak nasional Meksiko, Pemex, adalah penyebab ledakan yang menewaskan 37 orang dan melukai puluhan lainnya pekan lalu. Demikian keterangan Jaksa Agung Meksiko Jesus Murillo Karam, Senin (4/2/2013) waktu setempat.

Jaksa Agung Karam mengatakan sebuah penyelidikan yang dilakukan tim gabungan pakar dari Meksiko, Spanyol, AS dan Inggris tidak menemukan adanya bukti bahan peledak yang bisa menghancurkan sejumlah lantai terbawah gedung itu.

Karam menambahkan para pakar itu yakin sebuah masalah kelistrikan menyebabkan percikan api yang memicu ledakan. Tidak ada bukti tanda bekas api tipikal ledakan bom. Juga tak ditemukan lubang besar yang biasanya ditinggalkan sebuah ledakan bom.

Karam menambahkan para penyelidik belum menemukan sumber kebocoran gas itu. Namun diyakini gas yang bocor itu adalah jenis metana yang berasal dari saluran-saluran limbah yang melintas di bawah gedung itu.

Pengumuman yang disampaikan Senin malam itu mengakhiri kebisuan pemerintah soal penyebab bencana terburuk dalam satu dekade terakhir ini.

Ledakan itu memicu perbedatan bahwa Pemex, sebagai sebuah perusahaan negara yang menyumbang pendapatan bagi negara selama berpuluh tahun tidak mendapatkan investasi yang sepantasnya untuk menghindari bencana.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com