Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Ahmadinejad Ingin Jadi Astronot Pertama Iran

Kompas.com - 05/02/2013, 10:06 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengungkapkan impiannya. Dia ingin menjadi astronot pertama Iran.

Ahmadinejad mengatakan dia rela mengorbankan nyawanya untuk program angkasa luar Iran. Seperti pernah diberitakan, Iran berambisi mengirim misi berawak ke angkasa luar pada 2020 dan mengirim manusia ke bulan pada 2025.

"Saya siap menjadi orang pertama Iran yang dikorbankan oleh para ilmuwan dan negara untuk berangkat ke angkasa luar, meski saya tahu ada banyak kandidat," kata Ahmadinejad seperti dikutip kantor berita Iran, IRNA.

Berbicara dalam sebuah upacara peresmian dua satelit baru Iran, Ahmadinejad menambahkan bahwa dia bahkan bersedia memberikan donasi uang untuk program angkasa luar negerinya yang tengah terkena sanksi ekonomi terkait program nuklir.

Pekan lalu, Iran mengklaim berhasil mengirim seekor kera menggunakan sebuah wahana angkasa ke orbit Bumi dan kembali dengan selamat.

Namun, banyak keraguan terkait klaim kesuksesan Iran itu. Kera dalam foto yang dipublikasikan sebelum dan sesudah peluncuran diduga berbeda.

Pada 2010, Iran juga mengatakan meluncurkan sebuah roket ke luar angkasa berisi seekor tikus, kura-kura, dan cacing. Namun, tahun berikutnya upaya mengirim kera ke luar angkasa berakhir dengan kegagalan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com