Kompas.com - 05/02/2013, 10:06 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengungkapkan impiannya. Dia ingin menjadi astronot pertama Iran.

Ahmadinejad mengatakan dia rela mengorbankan nyawanya untuk program angkasa luar Iran. Seperti pernah diberitakan, Iran berambisi mengirim misi berawak ke angkasa luar pada 2020 dan mengirim manusia ke bulan pada 2025.

"Saya siap menjadi orang pertama Iran yang dikorbankan oleh para ilmuwan dan negara untuk berangkat ke angkasa luar, meski saya tahu ada banyak kandidat," kata Ahmadinejad seperti dikutip kantor berita Iran, IRNA.

Berbicara dalam sebuah upacara peresmian dua satelit baru Iran, Ahmadinejad menambahkan bahwa dia bahkan bersedia memberikan donasi uang untuk program angkasa luar negerinya yang tengah terkena sanksi ekonomi terkait program nuklir.

Pekan lalu, Iran mengklaim berhasil mengirim seekor kera menggunakan sebuah wahana angkasa ke orbit Bumi dan kembali dengan selamat.

Namun, banyak keraguan terkait klaim kesuksesan Iran itu. Kera dalam foto yang dipublikasikan sebelum dan sesudah peluncuran diduga berbeda.

Pada 2010, Iran juga mengatakan meluncurkan sebuah roket ke luar angkasa berisi seekor tikus, kura-kura, dan cacing. Namun, tahun berikutnya upaya mengirim kera ke luar angkasa berakhir dengan kegagalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X