Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Rumah Rusak Diterjang Angin

Kompas.com - 04/02/2013, 18:34 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Bantul Senin, (05/02) sore mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan juga merusak belasan rumah milik warga di Kelurahan Pleret, Bantul. Beruntung, musibah ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Rumah rusak akibat terjangan angin kencang berada di tiga titik, yakni Dusun Keputren, Dusun Trayeman, dan Dusun Kedaton Kelurahan Pleret Bantul. Kerusakan bangunan terparah terjadi di Dusun Keputren. Empat bangunan rumah semi permanen serta satu kandang ayam mengalami rusak berat dan rata dengan tanah. Diantara empat bangunan tersebut satu di antaranya merupakan toko.

"Tiba-tiba turun hujan disertai angin kencang, ya kira-kira kejadian sekitar pukul 14.30 Wib," kata Lurah Pleret Nor Subiyantoro.

Subiyantoro menambahkan, bangunan yang ambruk dan rusak rata-rata bukan bangunan hunian. "Di Dusun Trayeman ada lima rumah yang rusak, dua di antaranya rusak berat akibat tertimpa pohon kelapa," tegas Nor.

Saat ini, sejumlah personil BPBD, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), Taruna Siaga Bencana (Tagana), personil TNI, serta anggota Polres Bantul bergotong-royong melakukan gotong-royong. Kerugian akibat terjangan angin kencang ini diperkirakan mencapai angka Rp 100 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com