Kompas.com - 04/02/2013, 18:34 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Bantul Senin, (05/02) sore mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan juga merusak belasan rumah milik warga di Kelurahan Pleret, Bantul. Beruntung, musibah ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Rumah rusak akibat terjangan angin kencang berada di tiga titik, yakni Dusun Keputren, Dusun Trayeman, dan Dusun Kedaton Kelurahan Pleret Bantul. Kerusakan bangunan terparah terjadi di Dusun Keputren. Empat bangunan rumah semi permanen serta satu kandang ayam mengalami rusak berat dan rata dengan tanah. Diantara empat bangunan tersebut satu di antaranya merupakan toko.

"Tiba-tiba turun hujan disertai angin kencang, ya kira-kira kejadian sekitar pukul 14.30 Wib," kata Lurah Pleret Nor Subiyantoro.

Subiyantoro menambahkan, bangunan yang ambruk dan rusak rata-rata bukan bangunan hunian. "Di Dusun Trayeman ada lima rumah yang rusak, dua di antaranya rusak berat akibat tertimpa pohon kelapa," tegas Nor.

Saat ini, sejumlah personil BPBD, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), Taruna Siaga Bencana (Tagana), personil TNI, serta anggota Polres Bantul bergotong-royong melakukan gotong-royong. Kerugian akibat terjangan angin kencang ini diperkirakan mencapai angka Rp 100 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.