Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel dan AS Gelar Latihan Militer Bersama

Kompas.com - 04/02/2013, 14:14 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Angkatan Laut Korea Selatan dan Amerika Serikat, Senin (4/2/2013), menggelar latihan bersama di tengah meningkatnya tensi di Semenanjung Korea setelah Korea Utara mengumumkan rencana melakukan uji coba nuklir.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan latihan selama tiga hari itu digelar di Laut Timur atau Laut Jepang di lepas pantai kota Pohang, sebelah tenggara ibu kota Seoul.

Meski Korea Selatan menegaskan rencana latihan ini sudah dijadwalkan jauh sebelum Korut berencana melakukan latihan nuklir, tetap saja kehadiran kapal selam nuklir AS dianggap Pyongyang sebagai sebuah ancaman.

Dalam latihan ini AS mengerahkan dua kapal selam nuklirnya yaitu USS San Francisco yang dipersenjatai misil penjelajah Tomahawk dan kapal selam perusak seberat 9.800 ton, USS Shiloh.

"Latihan ini termasuk latihan operasi laut, mendeteksi dan mengejar kapal selam, latihan menembak anti-serangan udara dan anti-kapal perang dan latihan anti-serangan misil," demikian kantor berita Yonhap melaporkan.

Sebelumnya, pada Minggu (3/2/2013), kantor berita KCNA melaporkan Kim Jong-Un memimpin rapat tingkat tinggi untuk mendiskusikan perubahan besar untuk meningkatkan kemampuan militer negeri itu dan memberikan panduan penting kepada para pejabat tinggi.

Sejauh ini belum diketahui kapan Korea Utara akan menggelar uji coba nuklirnya. Sejumlah kalangan menduga uji coba itu berbarengan dengan Tahun Baru Imlek pada 10 Februari mendatang. Sementarak kalangan lain menduga uji coba nuklir akan digelar bertepatan dengan ulang tahun mendiang pemimpin Korut, Kim Jong-Il pada 16 Februari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com