Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Abu Sayyaf Bebaskan Dua Sandera

Kompas.com - 04/02/2013, 02:24 WIB

MANILA, MINGGU - Setelah diculik dan disandera oleh kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina selatan sejak Juni 2012, dua dari tiga kru jaringan stasiun televisi berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab, Al Arabiya, dilepaskan, Sabtu (2/2). Kedua sandera yang dibebaskan adalah staf lokal, yakni teknisi audio Roland ”Buboy” Letriro dan kamerawan Ramil Vela.

Tak lama setelah keluar dari kawasan hutan di wilayah Jolo, Provinsi Sulu, Filipina selatan, Letriro dan Vela menghubungi keluarga mereka dari sebuah hotel di Jolo.

”Mereka masih sangat emosional, terguncang, dan kebingungan. Berat badan keduanya turun sangat drastis karena secara konstan mengalami tekanan selama disandera,” ujar Kepala Kepolisian Jolo Noel delos Reyes.

Direkrut

Kedua pekerja televisi itu diculik bersama reporter Al Arabiya, Abdulla Atyani. Warga negara Jordania itu merekrut Letriro dan Vela untuk masuk ke kawasan hutan Jolo. Atyani bermaksud mewawancarai kelompok yang berafiliasi dengan organisasi teroris Al Qaeda itu.

”Keduanya mengaku tak tahu keberadaan Atyani karena mereka dipisahkan pada hari kelima penyanderaan. Sejak itu, mereka tak pernah melihat Atyani lagi,” ujar Reyes, mengutip pernyataan keduanya.

Selain Atyani, otoritas keamanan Filipina mencatat masih ada sedikitnya empat warga negara asing yang disandera kelompok Abu Sayyaf.

Mereka adalah pengamat burung asal Belanda, Ewold Horn (52), dan warga negara Swiss, Lorenzo Vinciguerra (47), yang diculik pada Februari 2012. Selain itu, juga seorang warga negara Australia, Warren Rodwell (54), dan warga negara Jepang, Toshio Ito, yang diculik sejak Juli 2010. (AFP/AP/BBC/DWA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com