Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Serang Pos Militer Pakistan, 23 Tewas

Kompas.com - 03/02/2013, 01:36 WIB

PESHAWAR, KOMPAS.com - Kelompok Taliban, Sabtu (2/2/2013) dini hari, dengan menggunakan rompi bunuh diri, senapan serbu otomatis dan roket peluncur granat menyerang sebuah pos militer Pakistan di wilayah barat laut Pakistan.

Serangan maut itu menewaskan 23 orang termasuk 10 orang warga sipil. Selain itu, 12 orang penyerang juga tewas.

Serangan Taliban itu terjadi di pos militer kota Serai Naurang, Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, pukul 03.45 dini hari waktu setempat dan berlangsung beberapa jam. Demikian seorang perwira polisi senior Arif Khan Wazir menuturkan.

"Kelompok militan menembakkan senapan mesin otomatis dan roket peluncur granat," tambah Arif.

Sementara itu, dua orang pejabat keamanan mengatakan Taliban juga membunuh 10 warga sipil, termasuk tiga orang perempuan dan tiga orang anak-anak, di sebuah rumah di dekat pos militer itu.

Serangan itu juga menewaskan sembilan orang prajurit, empat anggota paramiliter Frontier Constabulary dan 12 orang penyerang.

Sementara itu, seorang juru bicara Taliban Pakistan Ahsanullah Ahsan lewat telepon yang diterima kantor berita AP mengatakan kelompoknya bertanggung jawab atas serangan itu.

Ahsan mengatakan serangan itu adalah pembalasan atas kematian dua orang komandan Taliban akibat serangan pesawat tanpa awak atau drone milik AS.

Serangan itu terjadi hanya sehari setelah sebuah bom bunuh diri meledak di sebuah masjid Syiah di Hangu, juga di Pakistan barat laut.

Kelompok Taliban Pakistan juga mengklaim bertanggung jawab serangan di masjid Syiah tersebut.

Taliban sudah berulang kali melakukan serangan maut terhadap pemerintah Pakistan dan terkadang juga menyerang kelompok minoritas Syiah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com