Kompas.com - 03/02/2013, 01:36 WIB
EditorErvan Hardoko

PESHAWAR, KOMPAS.com - Kelompok Taliban, Sabtu (2/2/2013) dini hari, dengan menggunakan rompi bunuh diri, senapan serbu otomatis dan roket peluncur granat menyerang sebuah pos militer Pakistan di wilayah barat laut Pakistan.

Serangan maut itu menewaskan 23 orang termasuk 10 orang warga sipil. Selain itu, 12 orang penyerang juga tewas.

Serangan Taliban itu terjadi di pos militer kota Serai Naurang, Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, pukul 03.45 dini hari waktu setempat dan berlangsung beberapa jam. Demikian seorang perwira polisi senior Arif Khan Wazir menuturkan.

"Kelompok militan menembakkan senapan mesin otomatis dan roket peluncur granat," tambah Arif.

Sementara itu, dua orang pejabat keamanan mengatakan Taliban juga membunuh 10 warga sipil, termasuk tiga orang perempuan dan tiga orang anak-anak, di sebuah rumah di dekat pos militer itu.

Serangan itu juga menewaskan sembilan orang prajurit, empat anggota paramiliter Frontier Constabulary dan 12 orang penyerang.

Sementara itu, seorang juru bicara Taliban Pakistan Ahsanullah Ahsan lewat telepon yang diterima kantor berita AP mengatakan kelompoknya bertanggung jawab atas serangan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ahsan mengatakan serangan itu adalah pembalasan atas kematian dua orang komandan Taliban akibat serangan pesawat tanpa awak atau drone milik AS.

Serangan itu terjadi hanya sehari setelah sebuah bom bunuh diri meledak di sebuah masjid Syiah di Hangu, juga di Pakistan barat laut.

Kelompok Taliban Pakistan juga mengklaim bertanggung jawab serangan di masjid Syiah tersebut.

Taliban sudah berulang kali melakukan serangan maut terhadap pemerintah Pakistan dan terkadang juga menyerang kelompok minoritas Syiah.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.