Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konferensi Munich Bicarakan Suriah, Mali, dan Iran

Kompas.com - 01/02/2013, 20:29 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perhelatan Konferensi Keamanan Ke-49 di Munich, Jerman, bertajuk perkara keamanan di Suriah, Mali, dan Iran. Pertemuan sejak Jumat (1/2/2013) itu, tulis AP, akan dihadiri oleh 500 ahli keamanan.

Para tamu penting yang akan bertandang ke acara itu adalah Perwakilan Khusus Kerja Sama PBB dan Liga Arab Lakhdar Brahimi, Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian,  Presiden Koalisi untuk Revolusi Suriah Sheikh Moaz Al-Khatib, dan Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi. "Meningkatnya kekerasan di Suriah dan program nuklir Iran akan menjadi topik kritis yang dibicarakan dalam konferensi,"kata Ketua Konferensi Wolfgang Ischinger.

Menurut rencana, pada Sabtu (2/2/2013), Wakil Presiden AS Joseph R. Biden akan berpidato dalam konferensi tersebut. Kunjungan Biden ke Eropa adalah kali pertama sejak Presiden Barack Obama menjabat untuk periode kali kedua.

Selain topik-topik di atas, imbuh, Ischinger, krisis Eropa, munculnya kekuatan baru Asia dan Amerika Latin, dan keamanan siber juga menjadi bahan pembicaraan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com