Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Meksiko Bentuk Pengadilan untuk Hukum Tahanan

Kompas.com - 01/02/2013, 11:39 WIB

EL MESON, KOMPAS.com — Warga sipil yang mengangkat senjata untuk melawan para penjahat di sebuah desa pegunungan di Meksiko barat daya membentuk pengadilan, Kamis (31/1/2013). Pengadilan itu akan mengadili 55 orang yang mereka tahan karena terkait dengan geng narkoba dan sejumlah tuduhan lain.

Ratusan petani pribumi mengawasi sejumlah kota di Negara Bagian Guerrero sejak 6 Januari, ketika mereka meraih senapan, mengenakan masker, dan mulai mengumpulkan para tersangka demi menghentikan gelombang kekerasan, penculikan, serta pemerasan. Para tersangka diseret di depan keluarga mereka, para korban, dan penduduk desa di pusat El Meson, saat 60 pemimpin lokal memutuskan menggelar pengadilan pertama pada 14 Februari. Para tahanan termasuk empat perempuan dan dua anak di bawah umur.

Tuduhan terhadap mereka berkisar dari pembunuhan hingga penculikan dan pemerasan. Beberapa orang lain dituduh terkait dengan narkoba dan bekerja sebagai informan geng.

Jaksa negara bagian, Martha Elba Garzon, mengatakan kepada wartawan bahwa sejumlah keluarga dari mereka yang ditahan telah mengajukan keluhan dan bahwa kelompok yang mempertahankan diri itu tidak punya wewenang untuk mengadili serta menghukum orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com