Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaksa AS Ditembak di Luar Gedung Pengadilan

Kompas.com - 01/02/2013, 09:13 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Seorang jaksa AS yang dilaporkan sedang menyelidiki sindikat kejahatan terorganisasi Aryan Brotherhood yang mengagungkan supremasi kulit putih ditembak mati, Kamis (31/1/2013) waktu setempat, di luar gedung pengadilan di sebuah kota kecil Texas, kata para pejabat.

Asisten jaksa wilayah Kaufman County, Mark Hasse (57), sedang berjalan menuju gedung pengadilan setelah baru saja memarkir mobilnya saat seorang tersangka mendekati dan menembaknya beberapa kali, kata juru bicara kantor sheriff setempat, Pat Laney, kepada AFP.

Laney mengatakan, tersangka melarikan diri bersama seorang rekannya dalam sebuah mobil setelah insiden yang terjadi sekitar pukul 08.30 waktu lokal atau pukul 21.30 WIB. "Kami secara aktif mencari mereka," kata Laney. Ia menambahkan, para tersangka belum teridentifikasi.

Gedung pengadilan dan sebuah sekolah dikunci saat polisi mencari orang-orang bersenjata itu dan kendaraan mereka di Kaufman, sebuah kota dengan populasi hanya 7.000 orang di Texas utara. Gedung pengadilan itu kemudian ditutup.

The Dallas Morning News yang mengutip sejumlah sumber mengatakan, kasus-kasus yang ditangani Hasse termasuk penyelidikan terhadap para anggota Aryan Brotherhood, meskipun sumber-sumber itu menekankan bahwa para jaksa penuntut biasanya menangani hampir 400 kasus pada suatu waktu bersamaan.

Pihak berwenang Kaufman County menyelidiki penembakan itu bersama Texas Rangers dan badan-badan federal lain, termasuk Biro Investigasi Federal AS (FBI) serta Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com