Kompas.com - 01/02/2013, 09:13 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com — Seorang jaksa AS yang dilaporkan sedang menyelidiki sindikat kejahatan terorganisasi Aryan Brotherhood yang mengagungkan supremasi kulit putih ditembak mati, Kamis (31/1/2013) waktu setempat, di luar gedung pengadilan di sebuah kota kecil Texas, kata para pejabat.

Asisten jaksa wilayah Kaufman County, Mark Hasse (57), sedang berjalan menuju gedung pengadilan setelah baru saja memarkir mobilnya saat seorang tersangka mendekati dan menembaknya beberapa kali, kata juru bicara kantor sheriff setempat, Pat Laney, kepada AFP.

Laney mengatakan, tersangka melarikan diri bersama seorang rekannya dalam sebuah mobil setelah insiden yang terjadi sekitar pukul 08.30 waktu lokal atau pukul 21.30 WIB. "Kami secara aktif mencari mereka," kata Laney. Ia menambahkan, para tersangka belum teridentifikasi.

Gedung pengadilan dan sebuah sekolah dikunci saat polisi mencari orang-orang bersenjata itu dan kendaraan mereka di Kaufman, sebuah kota dengan populasi hanya 7.000 orang di Texas utara. Gedung pengadilan itu kemudian ditutup.

The Dallas Morning News yang mengutip sejumlah sumber mengatakan, kasus-kasus yang ditangani Hasse termasuk penyelidikan terhadap para anggota Aryan Brotherhood, meskipun sumber-sumber itu menekankan bahwa para jaksa penuntut biasanya menangani hampir 400 kasus pada suatu waktu bersamaan.

Pihak berwenang Kaufman County menyelidiki penembakan itu bersama Texas Rangers dan badan-badan federal lain, termasuk Biro Investigasi Federal AS (FBI) serta Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X