Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Selam Nuklir AS Merapat ke Filipina

Kompas.com - 31/01/2013, 19:14 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kapal selam penyerang bertenaga nuklir milik AS bakal merapat ke Teluk Subic, Filipina, besok, Jumat (1/2/2013). Pernyataan dari Kedutaan Besar AS di Manila menunjukkan kapal selam tersebut adalah USS Cheyenne bernomor lambung SSN 773. "Kapal selam kelas Los Angeles itu akan mengadakan kunjungan rutin,"kata pernyataan tersebut sebagaimana warta AP pada Kamis (31/1/2013).

USS Cheyenne diambil dari nama kota Cheyenne di Negara Bagian Wyoming. Kapal itu masuk dalam jajaran Armada Ketujuh AS yang berbasis di Pearl Harbour, Hawaii. Diluncurkan pada 1996, USS Cheyenne adalah kapal selam kelas Los Angeles paling bontot yang diproduksi di AS.

Cheyenne panjangnya lebih dari 360 kaki. Saat muncul di permukaan laut bobotnya lebih dari 6.900 ton. Kapal selam ini terbilang kapal selam nuklir tercanggih di dunia.

Kapal ini memiliki kemampuan menembakkan rudal secara vertikal. Sistem ini dikenal sebagai Sistem Penembakan Terdepan untuk Kapal Selam. USS Cheyenne kali pertama menembakkan rudal Tomahawk saat ikut ambil bagian dalam Operasi Pembebasan Irak pada 2003.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com