Kompas.com - 31/01/2013, 19:14 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Kapal selam penyerang bertenaga nuklir milik AS bakal merapat ke Teluk Subic, Filipina, besok, Jumat (1/2/2013). Pernyataan dari Kedutaan Besar AS di Manila menunjukkan kapal selam tersebut adalah USS Cheyenne bernomor lambung SSN 773. "Kapal selam kelas Los Angeles itu akan mengadakan kunjungan rutin,"kata pernyataan tersebut sebagaimana warta AP pada Kamis (31/1/2013).

USS Cheyenne diambil dari nama kota Cheyenne di Negara Bagian Wyoming. Kapal itu masuk dalam jajaran Armada Ketujuh AS yang berbasis di Pearl Harbour, Hawaii. Diluncurkan pada 1996, USS Cheyenne adalah kapal selam kelas Los Angeles paling bontot yang diproduksi di AS.

Cheyenne panjangnya lebih dari 360 kaki. Saat muncul di permukaan laut bobotnya lebih dari 6.900 ton. Kapal selam ini terbilang kapal selam nuklir tercanggih di dunia.

Kapal ini memiliki kemampuan menembakkan rudal secara vertikal. Sistem ini dikenal sebagai Sistem Penembakan Terdepan untuk Kapal Selam. USS Cheyenne kali pertama menembakkan rudal Tomahawk saat ikut ambil bagian dalam Operasi Pembebasan Irak pada 2003.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.