Kompas.com - 31/01/2013, 19:06 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

SYDNEY, KOMPAS.com - Pendiri situs pembocor rahasia WikiLeaks, Julian Assange, menyatakan akan maju dalam pemilihan umum Australia tahun ini, sebagai calon anggota senat Negeri Kanguru itu. Assange akan maju sebagai calon anggota legislatif dari Partai WikiLeaks.

Demikian terungkap dalam kicauan WikiLeaks di Twitter, Rabu (30/1/2013), beberapa jam setelah Perdana Menteri Julia Gillard mengumumkan pemilu di Australia akan digelar 14 September 2013.

"Australia: Julian Assange telah memastikan dia akan maju dalam pemilu nasional 2013 untuk kursi Senat Australia", demikian bunyai tweet pertama WikiLeaks. Beberapa saat kemudian, akun situs tersebut menyatakan Assange akan maju sebagai caleg dari Partai WikiLeaks.

Tahun lalu Assange telah menyatakan niatnya untuk maju mencalonkan diri sebagai anggota Senat Australia, dan berniat mendaftarkan Partai WikiLeaks ke Komisi Pemilu Australia. Senat adalah majelis tinggi parlemen Australia.

Kabar tersebut langsung disambut antusias oleh Christine Assange, ibu kandung Julian Assange. Menurut dia, Assange akan menjadi anggota Senat yang "mengagumkan".

"Dia akan mengagumkan. Di DPR Australia, kita hanya bisa memilih partai-partai besar, yang merupakan antek AS nomor satu dan nomor dua. Jadi akan bagus untuk 'meng-Assange-kan' Senat demi pengawasan oleh orang Australia sendiri," tutur Christine seperti dikutip Australian Associated Press.

Assange sampai saat ini masih bersembunyi di kantor Kedutaan Besar Ekuador di London, Inggris, setelah meminta suaka ke negara di Amerika Latin tersebut. Namun, pihak berwenang Inggris menolak memberikan jaminan keselamatan, jika Assange ingin pergi dari Inggris.

Tidak jelas apakah Assange akan bisa bebas pergi dari Inggris, jika ia benar-benar terpilih sebagai anggota Senat Australia. (AFP/DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.