Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Khusus Disediakan untuk Tunawisma

Kompas.com - 31/01/2013, 10:53 WIB

Sekolah inovatif gratis dan tanpa persyaratan masuk bagi tunawisma di London menarik minat ratusan orang. Recovery College terletak di Southwark dan didirikan oleh lembaga amal St Mungo's.

Sekolah ini menawarkan sejumlah kursus untuk meningkatkan ketrampilan praktis dan membangun kembali rasa percaya diri, seperti dilaporkan wartawan BBC untuk pendidikan Sean Coughlan.

Ketrampilan yang diajarkan mencakup kemampuan membaca dan menulis, musik, dan mengembangkan harga diri.

Selain itu, kursus juga menyangkut pengetahuan praktis menyangkut kehidupan keras di jalanan, termasuk tentang overdosis obat, pertolongan pertama, dan bagaimana mencukupi makan dengan anggaran sangat sedikit.

Ada pula kursus tentang cara-cara melamar pekerjaan.

Antusias

Recovery College pertama kali diluncurkan menjelang akhir tahun 2012 sebagai percobaan. Lembaga pendidikan itu terkejut dengan banyaknya calon siswa yang ingin mendaftar.

Kini di awal musim semester kedua, jumlah siswa mencapai 395 orang yang mengambil 60 kursus.

Menurut Andy Williams -salah seorang yang membantu mengelola Recovery College- kursus yang paling populer adalah bagaimana meningkatkan rasa percaya diri dan mengembangkan harga diri.

Salah seorang peserta yang berusia 50 tahun, Steve, harus menempuh perjalanan dengan berganti bus tiga kali untuk sampai di Recovery College,

Steve mengaku antusias kembali ke dunia pendidikan setelah putus sekolah ketika baru berumur 12 tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com