Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Pesta dan Pidato Panjang pada Pertemuan Parlemen China

Kompas.com - 31/01/2013, 08:52 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Para pejabat China harus mulai berhemat. Tidak ada bunga, tidak ada pesta, tidak ada hadiah, pesta penyambutan, dan pidato panjang yang berbusa-busa tanpa isi.

Demikian instruksi baru Pemerintah China untuk pertemuan parlemen tahunan yang dilakukan Maret mendatang. Biasanya, dalam pertemuan seperti itu, para kader partai berlomba-lomba menyampaikan pidato. Presiden China mendatang, Xi Jinping, memutuskan memangkas pemborosan pada pekan-pekan pertamanya sebagai ketua partai, November lalu.

Partai Komunis China dituduh masih lekat dengan korupsi. ”Tidak akan ada karangan bunga di kamar hotel, tidak ada pesta penyambutan di bandara atau di stasiun kereta. Semua anggota akan makan tanpa makanan mahal atau alkohol. Makan malam mewah, hadiah, dan pertunjukan seni akan ditiadakan,” demikian pengumuman pemerintah yang ditayangkan kantor berita China, Xinhua.

Selain itu, penutupan jalan-jalan utama yang sibuk untuk dilewati para kader partai juga akan diminimalkan. Xi telah mengatakan kepada para pejabat untuk mengakhiri kebiasaan mereka mengucapkan pidato yang panjang serta upacara penyambutan yang berlebihan.

Alkohol untuk pejabat militer pun dihapuskan. Dia berupaya menjaga citranya agar menjadi pejabat yang melayani masyarakat. Pertemuan parlemen pada tahun ini diperkirakan tidak membosankan seperti biasanya karena akan memformalkan posisi Xi sebagai presiden dan merupakan awal generasi baru pemimpin China.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com