Kompas.com - 31/01/2013, 08:52 WIB
EditorEgidius Patnistik

BEIJING, KOMPAS.com - Para pejabat China harus mulai berhemat. Tidak ada bunga, tidak ada pesta, tidak ada hadiah, pesta penyambutan, dan pidato panjang yang berbusa-busa tanpa isi.

Demikian instruksi baru Pemerintah China untuk pertemuan parlemen tahunan yang dilakukan Maret mendatang. Biasanya, dalam pertemuan seperti itu, para kader partai berlomba-lomba menyampaikan pidato. Presiden China mendatang, Xi Jinping, memutuskan memangkas pemborosan pada pekan-pekan pertamanya sebagai ketua partai, November lalu.

Partai Komunis China dituduh masih lekat dengan korupsi. ”Tidak akan ada karangan bunga di kamar hotel, tidak ada pesta penyambutan di bandara atau di stasiun kereta. Semua anggota akan makan tanpa makanan mahal atau alkohol. Makan malam mewah, hadiah, dan pertunjukan seni akan ditiadakan,” demikian pengumuman pemerintah yang ditayangkan kantor berita China, Xinhua.

Selain itu, penutupan jalan-jalan utama yang sibuk untuk dilewati para kader partai juga akan diminimalkan. Xi telah mengatakan kepada para pejabat untuk mengakhiri kebiasaan mereka mengucapkan pidato yang panjang serta upacara penyambutan yang berlebihan.

Alkohol untuk pejabat militer pun dihapuskan. Dia berupaya menjaga citranya agar menjadi pejabat yang melayani masyarakat. Pertemuan parlemen pada tahun ini diperkirakan tidak membosankan seperti biasanya karena akan memformalkan posisi Xi sebagai presiden dan merupakan awal generasi baru pemimpin China.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.