Kompas.com - 30/01/2013, 22:33 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BERLIN, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel menyerukan warga Jerman untuk selalu berjuang bagi prinsip-prinsip yang mereka anut, dan tidak jatuh pada kepuasan diri sendiri yang membuat keditaktoran Nazi meraih kekuasaan.

Merkel menegaskan ini pada peringatan 80 tahun diktator Jerman Adolf Hitler meraih kekuasan dan mengobarkan Perang Dunia II di Eropa.

Kantor berita AP, Rabu (30/1/2013) melaporkan, Merkel mengungkapkan ini saat acara pembukaan eksibisi Topografi Teror yang memuat dokumen terpilihnya Hitler. Acara ini berkenaan dengan 80 tahun peringatan pemunculan Hitler di Jerman.

Merkel menegaskan, akademisi dan mahasiswa saat itu senang bergabung dengan Nazi hanya beberapa bulan setelah aksi pembakaran buku-buku yang bernada subversiv.

"Munculnya Nazi dimungkinkan karena masyarakat elit Jerman bekerja dengan mereka, namun di atas semua itu disebabkan sebagian besar warga jerman sedikit mentoleransi dengan pemunculan ini," ujar Merkel.

Setelah memenangkan sekitar sepertiga suara dalam pemilu Jerman tahun 1932, Hitler meyakinkan Presiden Jerman, Paul von Hindenburg, yang sakit-sakitan untuk menunjuk dirinya menjadi kanselir pada 30 Januari 1933.

Posisi ini yang membuat Hitler membawa Jerman menebarkan Perang Dunia II dan sejumlah pembantaian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jalan ini berakhir di Auschwitz," ujar Andreas Nachama, Direktur Topografi Teror.

Peringatan topografi ini dibangun di sekitar gedung di mana polisi rahasia Gestapo, SS dan Kantor Markas Keamanan Kerajaan Ketiga, yang menjalankan kebijakan Hitler dari tahun 1933 sampai tahun 1945.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X