Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ANA Ganti Baterai Dreamliner Sebelum Mendarat Darurat

Kompas.com - 30/01/2013, 13:12 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Maskapai All Nippon Airways (ANA) memutuskan mengganti 10 baterai lithium-ion yang dipasang pada Boeing 787 Dreamliner beberapa bulan sebelum sebuah pesawatnya mendarat darurat karena baterai yang hangus memicu alarm kebakaran.

ANA, maskapai yang hingga kini menjadi konsumen terbesar Dreamliner, tidak memberitahukan masalah ini kepada penyidik di Amerika Serikat sebab insiden yang melibatkan lima baterai yang biasanya tak bermasalah itu tak terkait dengan keselamatan penerbangan. Demikian dikatakan juru bicara ANA, Ryosei Nakamura, Rabu (30/1/2013).

"ANA melaporkan masalah ini kepada Boeing sejak Mei dan mengembalikan baterai itu kepada pembuatnya, GS Yuasa Corp," tutur Nomura.

Pihak GS Yuasa belum memberikan komentar atas pernyataan ANA ini.

Sementara itu juru bicara Boeing, Marc Britel, mengatakan, pihaknya tidak bisa memberikan komentar karena pihak Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) Amerika Serikat menyatakan masalah itu termasuk ranah penyelidikannya.

Sebelumnya, harian The New York Times mengutip seorang juru bicara NTSB melaporkan bahwa NTSB akan memasukkan sejumlah isu dengan penyelidikan baterai Boeing 787.

Sesuai dengan peraturan, sebuah maskapai harus menginspeksi baterai secara rinci setiap dua tahun.

Sebelumnya, NTSB mengatakan tengah melakukan penyelidikan mikroskopik terhadap baterai Boeing 787 milik Japan Airlines. Namun, sejauh ini baik Badan Keselamatan Transportasi Jepang maupun NTSB belum bisa memastikan kapan penyelidikan ini berakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com