Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyeberangi Mekong Lewat Jembatan Persahabatan

Kompas.com - 30/01/2013, 11:41 WIB
Anastasia Joice

Penulis

KOMPAS.com — Thailand dan Laos dibatasi Sungai Mekong. Untuk mempermudah pertukaran orang dan barang, dibangunlah jembatan yang melintasi sungai kira-kira sepanjang 1,1 kilometer. 

Pemerintah Australia membiayai pembangunan jembatan sebagai bantuan kepada Pemerintah Laos pada tahun 1994. Jembatan itu lalu disebut Jembatan Persahabatan.

Jembatan persahabatan pertama ini menghubungkan kota Nong Khai di provinsi Nong Khai di Thailand dengan kota Vientiane di Laos.

Pada 2007 diresmikan Jembatan Persahabatan kedua yang letaknya lebih ke selatan dari jembatan pertama. Saat ini sudah ada empat Jembatan Persahabatan dan jembatan kelima sedang dibangun menghubungkan Chiang Rai dan Bokao. Jalurnya menuju Tol Chiang Rai ke Yunnan, China. 

Bus-bus internasional dari Thailand ke Laos banyak lalu lalang melalui jembatan ini. Penumpangnya harus turun di perbatasan, mengecap paspor mereka satu per satu, lalu kembali lagi ke bus dan membayar visa. Demikian pula dengan pelintas perbatasan yang menggunakan mobil pribadi. 

Jembatan ini memiliki lebar sekitar 10 meter. Dua jalur untuk mobil, dua jalur untuk pejalan kaki. Ya, selain duduk manis di kendaraan, tidak sedikit turis yang berjalan kaki menyeberangi Jembatan Persahabatan tersebut sambil menikmati pemandangan sungai. 

Dengan dibangunnya jembatan ini, konektivitas di antara kedua negara semakin baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com