Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiknya Bersepeda di Vientiane

Kompas.com - 30/01/2013, 11:08 WIB
Anastasia Joice

Penulis

KOMPAS.com - Anda memiliki rencana berkunjung ke Vientiane, ibu kota Laos? Kota berpenduduk 700.000 orang itu memiliki daya tarik wisata tersendiri.

Vientiane terletak di tepian sungai Mekong. Sungai itu membelah Thailand dan Laos. Perbatasan terletak di tengah-tengah sungai.

Seperti negara-negara Indochina lainnya, tempat wisata yang paling banyak di Vientiane adalah kuil-kuil Budha dan stupa yang memiliki sejarah panjang.

Kota ini tidak terlalu besar. Jangan berharap ada angkot yang hilir mudik di Vientiane. Transportasi utama di dalam kota adalah tuktuk, becak motor terbuka yang dapat disewa ke mana-mana tergantung tujuan kita.

Ada juga taksi-taksi tua yang umumnya berasal dari Thailand. Taksi ini tidak memiliki argometer. Sama seperti tuktuk, kita harus pandai menawar. Tidak jarang pengemudi taksi dan tuktuk memberikan harga tinggi untuk wisatawan. Untuk jarak dekat saja, supir tuktuk mengutip biaya sekitar 20.000 kip atau sekitar Rp 24.000.

Cara lain yang menyenangkan untuk mengelilingi Vientiane adalah dengan bersepeda. Penyewaan sepeda ada di berbagai penginapan. Tarifnya murah, hanya sekitar 10.000 kip atau Rp 12.000 untuk seharian.

Dengan sepeda ini, kita dapat menyusuri sungai Mekong, juga dapat berkunjung ke situs-situs Budhis di dalam kota. Jika menyewa sepeda, mereka meminta paspor sebagai jaminannya atau SIM, atau uang tunai sebesar 1.000 baht (Rp 325.000). Setelah selesai menggunakan sepeda dan mengembalikannya, jaminan tersebut segera dikembalikan.

Jangan lupa meminta kunci sepeda. Jangan pula menaruh tas atau barang berharga di keranjang depan sepeda untuk berjaga-jaga agar tidak dicuri oleh tangan jahil.

Lalu lintas di Vientiane relatif sepi, sehingga pengendara sepeda aman saja di jalan. Hanya saja, pengendara sepeda tetap harus berhati-hati ketika melewati jalan-jalan licin.

Selamat bersepeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com