Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Jatuh di Kazakhstan, 21 Orang Tewas

Kompas.com - 30/01/2013, 06:42 WIB

ASTANA, KOMPAS.com — Satu pesawat penumpang jatuh hendak bersiap mendarat di Almaty, kota terbesar di Kazakhstan, Selasa (29/1/2013) waktu setempat, menewaskan semua penumpang yang berjumlah 21 orang, kata pihak berwenang.

Terdapat lima awak pesawat dan 16 penumpang asing yang menaiki pesawat Bombardier CRJ-200 buatan Kanada milik perusahaan swasta SCAT. Sebelumnya perusahaan penerbangan itu menyatakan jumlah korban tewas sebanyak 20 orang.

Pesawat tersebut dilaporkan dalam perjalanan dari kota utara Kokshetau menuju Almaty dan menemui masalah hanya 1,5 kilometer menjelang pendaratannya.

Bombardier CRJ-200 berusaha mendarat di bandara, tetapi justru berbelok dan menabrak karena pandangan pilot ke landasan terhalang oleh kabut tebal, kata SCAT.

Saksi mata mengatakan, pesawat hancur berkeping-keping, sementara jenazah awak dan penumpangnya bergeletakan. Puluhan petugas SAR berada di lokasi jatuhnya pesawat untuk mengangkut jenazah korban.

Aktivitas bandara tidak terganggu oleh kejadian itu dan kegiatan penerbangan berjalan seperti biasa. Perdana Menteri Serik Akhmetov telah menunjuk komite untuk menyelidiki insiden memilukan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com