Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UU Anti Gay, Venesia Putus dengan St Petersburg

Kompas.com - 29/01/2013, 22:52 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MILAN, KOMPAS.com - Venesia, kota air yang terkenal di Italia, berniat memutuskan hubungan dan kerjasama budaya dengan kota budya dan seni di Rusia, St Petersburg.

Semua ini terjadi, karena kota yang pada era Uni Soviet dikenal dengan Leningrad itu menerima undang-undang yang mengurangi hak-hak kaum gay.

Kantor berita AP, Selasa (29/1) melaporkan, Dewan Kota Venesia menegaskan bahwa sejarah, kebanggaan dan hati nurani Venesia, telah menerima mosi yang disetujui pada Senin malam. Mosi itu mendesak Pemerintah Kota Venesia untuk menarik kembali pertukaran budaya dengan St Petersburg, selama UU anti-gay di kota itu tidak dibatalkan.

Kedua kota ini, Venesia dan St Petersburg, merupakan permata budaya di Eropa ini. Keduanya menjalin perjanjian pertukaran budaya dan kerjasama lainnya pada tahun 2006.

St Petersburg merupakan satu dari sekian kota di Rusia yang meloloskan UU, yang melarang apa yang mereka katakanya sebagai propaganda homoseksual. Kremlin yang merupakan pusat kekuasaan Rusia juga sedang berupaya menghadirkan UU yang menolak hak-hak kaum gay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com