Kompas.com - 29/01/2013, 22:52 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MILAN, KOMPAS.com - Venesia, kota air yang terkenal di Italia, berniat memutuskan hubungan dan kerjasama budaya dengan kota budya dan seni di Rusia, St Petersburg.

Semua ini terjadi, karena kota yang pada era Uni Soviet dikenal dengan Leningrad itu menerima undang-undang yang mengurangi hak-hak kaum gay.

Kantor berita AP, Selasa (29/1) melaporkan, Dewan Kota Venesia menegaskan bahwa sejarah, kebanggaan dan hati nurani Venesia, telah menerima mosi yang disetujui pada Senin malam. Mosi itu mendesak Pemerintah Kota Venesia untuk menarik kembali pertukaran budaya dengan St Petersburg, selama UU anti-gay di kota itu tidak dibatalkan.

Kedua kota ini, Venesia dan St Petersburg, merupakan permata budaya di Eropa ini. Keduanya menjalin perjanjian pertukaran budaya dan kerjasama lainnya pada tahun 2006.

St Petersburg merupakan satu dari sekian kota di Rusia yang meloloskan UU, yang melarang apa yang mereka katakanya sebagai propaganda homoseksual. Kremlin yang merupakan pusat kekuasaan Rusia juga sedang berupaya menghadirkan UU yang menolak hak-hak kaum gay.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X