Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AJI Galang Dana untuk Bayi "Kanker Darah"

Kompas.com - 28/01/2013, 22:40 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com -- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Ternate merasa terpanggil dengan penderitaan Nurul Humairah, bayi 11 bulan penderita kanker darah yang tinggal di Desa Yayasan, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

AJI Ternate langsung membuka posko peduli Nurul guna menghimpun dana untuk biaya operasi bayi malang ini. Siang tadi, sejumlah wartawan dari AJI Kota Ternate yang ada di Pulau Morotai melakukan penggalangan dana. Bermodal kotak amal dan sebuah pamflet, rekan-rekan jurnalis menghimpun dana dari masyarakat.

"Kebetulan siang ini kita baru mulai, jadi target pertama kita tadi baru di sekolah-sekolah. Alhamdulillah, banyak siswa yang merasa terpanggil untuk membantu," jelas Iwan Muradji, salah satu anggota AJI Ternate, Senin (28/1/2012).

AJI juga menggandeng OSIS SMAN 1 Pulau Morotai dalam rangka penggalangan dana untuk Nurul. Karena itu, di SMAN 1 Pulau Morotai juga turut membuka posko peduli Nurul. Sontak saja, kegiatan penggalangan dana itu mendapat respons anggota AJI yang ada di Maluku Utara.

"Kita baru tahu kalau teman-teman kita di Morotai buat penggalangan dana untuk Nurul. Ini merupakan kegiatan kemanusiaan, jadi kami menyerukan kepada anggota-anggota AJI di Maluku Utara untuk melakukan penggalangan dana bagi Nurul. Semoga banyak pihak yang turut membantu meringankan beban orang tua Nurul," ujar Ketua AJI Kota Ternate, Mahmud Ici.

Mahmud Ici menjelaskan, kegiatan penggalangan dana ini sedikit terkesan mendadak. Karena itu, dompet peduli Nurul dibuka dengan nomor rekening atas nama AJI Kota Ternate. Karena itu, bagi donatur yang merasa terketuk pintu hatinya untuk meringankan beban orang tua Nurul Humairah agar secepatnya dioperasi, bisa menyalurkannya melalui rekening AJI Kota Ternate.

"AJI Kota Ternate punya rekening di Bank BNI Cabang Ternate dengan nomor rekening 0256564817. Karena ini sudah dibuka untuk posko peduli Nurul maka setiap hari AJI Kota Ternate berkewajiban untuk mengumumkan ke publik bila ada bantuan yang masuk," ujar Budi Nurgiyanto, Sekertaris AJI Kota Ternate.

Nurul Humairah adalah putri semata wayang pasangan Rafli Hi Muhammad (25) dan Rini Arif (22) yang menderita kanker darah. Bayi yang lahir pada 22 Februari 2012 itu menderita kanker darah sejak berusia 4 minggu.

Beberapa dokter ahli yang didatangi Rafli dan Rini selalu saja menyarankan agar Nurul dibawa ke Makassar maupun ke Jakarta agar dioperasi. Sayang, Rafli dan Rini yang berprofesi sebagai tenaga honorer di Pemda Pulau Morotai tak bisa berbuat banyak karena tak punya biaya.

Cara tradisional berupa menemui dukun menjadi jalan satu-satunya bagi Rafli dan Rini. Kini, kondisi Nurul yang makin parah pun mereka tak bisa membawanya ke Makassar untuk dioperasi karena tak ada biaya. Rafli dan Rini hanya bisa berharap ada uluran tangan dari dermawan untuk meringankan beban mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com