Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oposisi Mesir Tolak Ajakan Dialog dari Pemerintah

Kompas.com - 28/01/2013, 21:03 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Kelompok oposisi Mesir, Senin (28/1/2013), menolak ajakan dialog yang dilayangkan Presiden Mohamed Morsi. Oposisi menilai ajakan dialog itu sekadar "pepesan kosongh" belaka.

"Kami tidak akan terlibat dalam dialog yang tak memiliki konten apapun," kata pemimpin oposisi Mohamed ElBaradei kepada wartawan usai pertemuan Front Penyelamat Nasional (NSF) yang terdiri dari kelompok pergerakan liberal dan kiri itu.

NSF mengatakan Presiden Morsi harus terlebih dahulu menyetujui daftar tuntutan yang mereka sampaikan pekan lalu, antara lain pembentukan pemerintahan penyelamat nasional dan amandemen rancangan konstitusi yang dianggap terlalu bernuansa Islam. Semua tuntutan itu harus disetujui sebelum NSF setuju untuk berdialog.

"Kami dalam Front sepakat untuk semua hal. Kami harus menyelesaikan akar masalah, bukan gejalanya. Solusinya bukan hanya masalah keamanan namun juga politik," lanjut ElBaradei.

"Kami tak akan mengikuti dialog yang tanpa agenda dan hanya untuk menunjukkan telah ada sebuah pembicaraan," ElBaradei menegaskan.

Sementara itu, mantan kandidat presiden Hamdeen Sabbahi menambahkan Morsi harus menanggung pertumpahan darah yang terjadi di Mesir.

"Kami menginginkan dialog, namun tak ada jaminan bahwa dialog ini akan berbuah sukses. Sementara darah terus tertumpah," ujar Sabbahi.

Sebelumnya, Presiden Morsi mengumumkan masa darurat sebulan penuh di provinsi Port Sain, Suez dan Ismailiya setelah ketiga provinsi ini dihantam kerusuhan berdarah yang mengakibatkan lebih dari 45 orang tewas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com