Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Eks Timtim Tunggu Kebijakan Timor Leste

Kompas.com - 28/01/2013, 20:55 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com -- Sejumlah warga eks pengungsi Timor Leste menunggu kebijakan pemerintah Timor Leste terkait kepulangan mereka ke daerah asal. Jika pemerintahan sekarang memberi tempat kepada mereka dan tidak mempersoalkan masa lalu, mereka segera pulang.

Tokoh masyarakat eks pengungsi Timor Timur di Desa Tuapuka, Kabupaten Kupang, Luis Pinto di Tuapuka, Senin (28/1/2013), mengatakan bahwa sebagian besar warga eks Timor Timur (Timtim) ingin pulang.

"Kalau Presiden yang terpilih Mei 2011 itu Fransisco Guterres, kami semua sudah pulang. Beliau punya kebijakan sangat baik terhadap eks Timtim. Tetapi yang terpilih itu Luolo, kami belum tahu pendapatnya tentang kami," kata Luis.

Ia mengatakan, cepat atau lambat warga eks Timtim di Indoensia akan pulang. "Di sini kami sangat sengsara. Lihatlah, sudah 12 tahun kami masih tinggal di kamp pengungsian," kata Luis.

Meraka tidak punya lahan untuk diolah, anak anak tidak bersekoah, kondisi rumah masih sangat memprihatinkan, dan kesejahteraan hidup jauhh di bawah standar nasional.

Ia mengatakan, warga eks Timtim yang berjumlah sekitar 100.000 menunggu kebijakan presiden baru. Tetapi sanpai hari ini tidak ada infromasi sama sekali soal itu.

"Kami cuma minta jaminan keamanan saja. Soal rumah dan tanah akan diupayakan. Soal keamanan kami di sana, harus ada pernyataan resmi pemerintah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com