Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin: Parlemen Harus Berikan Kontribusi Strategis

Kompas.com - 28/01/2013, 20:15 WIB
Stefanus Osa Triyatna

Penulis

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan, sebuah pertemuan, apa pun itu dan siapa pun mereka yang bertemu, harus menghasilkan sesuatu, baik pertemuan yang diikuti kalangan eksekutif maupun legislatif, seperti yang diikuti DPR RI dalam Forum Parlemen Asia Pasifik (APPF) Ke-21 di Vladivostok, Rusia, kali ini.

"Anggota parlemen harus membuat kontribusi untuk tujuan strategis. Hasil aktivitas legislatif harus lebih jauh mendeterminasi dinamika kemajuan sosial-ekonomi," kata Putin sebagaimana dilaporkan wartawan Kompas Stefanus Osa dalam pembukaan APPF di Vladivostok, Senin (28/1/2013).

"Kami membicarakan tentang integrasi pengembangan, menstimulasi perdagangan, memberanikan investasi dan persaingan, membuka pasar, membatasi penghalang proteksi, dan mendorong peningkatan infrastruktur transportasi," tuturnya.

Menurut Putin, diplomasi parlemen juga menjangkau beragam level kepercayaan saling menguntungkan di antara negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Ini hal penting yang menjadi tantangan sekaligus ancaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com