Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Rute India-Pakistan Kembali Beroperasi

Kompas.com - 28/01/2013, 17:30 WIB

SRINAGAR, KOMPAS.com - Bus rute India Pakistan, yang sempat dihentikan operasionalnya menyusul ketegangan antara militer kedua negara pada awal bulan ini, kembali beroperasi, Senin (28/1/2013) bersamaan dengan berkurangnya ketegangan antara kedua negara.

Pejabat setempat mengatakan 64 penumpang dari Pakistan melintasi perbatasan de facto memasuki wilayah India. Sementara itu, 84 orang juga menyeberang dari India menggunakan bus yang melayani rute Poonch-Rawalakot.

Selain itu, perdagangan lintas perbatasan yang juga sempat dihentikan sementara, akan pada dipulihkan kembali pada Selasa (30/1/2013).Perdagangan lintas batas ini digalakkan dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan hubungan Islamabad dan New Delhi.

"Kami tengah menghitung kerugian yang diderita para pedagang yang tak bisa mengirim barang dagangan mereka melintasi perbatasan," kata Sekretaris Industri dan Perdagangan Kashmir-India, Shant Manu.

Pertikaian militer di perbatasan yang terjadi baru-baru ini menyebabkan lima prajurit dari kedua negara tewas. Konflik ini sempat dikhawatirkan akan meningkatkan suhu ketegangan antara kedua negara.

Pada 16 Januari, kedua komandan militer sepakat melakukan gencatan senjata. Sementara itu, para politisi kedua negara juga ingin menghindari kerusakan lebih lanjut dalam proses perdamaian yang berjalan lamban.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com