Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Puji Kerja Hillary Clinton

Kompas.com - 28/01/2013, 13:32 WIB

Presiden Barack Obama memuji Hillary Clinton sebagai menteri luar negeri yang memiliki peran luar biasa bagi AS. Dalam sebuah wawancara yang yang melibatkan keduanya di Stasiun Televisi CBS, presiden kulit hitam pertama di AS itu menyebut Clinton sebagai sosok yang 'penuh disiplin, penuh stamina, tangguh dan punya kemampuan dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.'

Baik Obama dan Clinton dalam wawancara tersebut mengesampingkan pertanyaan soal kemungkinan pencalonan Clinton sebagai presiden AS di tahun 2016. Sebelumnya pada tahun 2008 lalu Obama berhasil menyingkirkan Clinton saat Partai Demokrat melakukan penjaringan capres.

Namun ketikan Obama terpilih sebagai presiden dia menunjuk istri Bill Clinton itu sebagai menteri luar negeri.

Untuk masa jabatan keduanya Obama tidak lagi mempertahankan posisi Clinton sebagai menteri luar negeri dan telah menyiapkan Senator John Kerry sebagai penggantinya.

Dalam wawancara dengan CBS, Obama mengatakan "Clinton akan turun dari jabatanya sebagai salah satu menteri luar negeri terbaik yang pernah kita miliki."

"Kerja sama kami selama empat tahun terakhir ini merupakan hal yang luar biasa," kata Obama. "Saya akan merindukannya. Berharap dia ada di sekitar saya. Namun dia telah berjalan begitu jauh selama ini dan saya tidak boleh iri jika dia ingin bersantai sebentar."

Munculkan spekulasi

Wartawan BBC di Washington, Jane Little mengatakan ada banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa wawancara yang ditayangkan CBS ini menjadi semacam penanda bahwa Clinton akan kembali maju dalam proses pencalonan presiden tahun 2016 mendatang.

Little mengatakan tidak ada bantahan tentang spekulasi itu dan kemungkinannya juga sangat terbuka.

"Presiden dan saya punya kepedulian yang besar tentang apa yang terjadi dengan negara kita di masa depan," kata Clinton. "Dan saya kira anda, saya dan juga dia tidak bisa meramalkan apa yang akan terjadi besok atau tahun depan."

Saat ditanya soal kemungkinan Clinton akan terlibat dalam pencalonan presiden tahun 2016 mendatang, Obama mengatakan, "Kalian dari pers ini memang keterlaluan. Saya baru dilantik empat hari lalu. Dan kalian sekarang membicarakan tentang pemilu yang akan berlangsung empat tahun lagi."

Dalam kesempatan itu Clinton yang sempat sakit dan menjalani perawatan akibat gegar otak menjelaskan bahwa kondisinya telah pulih. Rekaman wawancara itu sendiri dibuat pada Jumat (25/01) dan disiarkan hari Minggu (27/01).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com