Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS, Inggris Tutup Sementara Kedutaan di Kairo

Kompas.com - 28/01/2013, 07:41 WIB

Amerika Serikat dan Inggris menutup sementara kedutaan-kedutaan mereka di ibukota Mesir, Kairo karena kerusuhan yang melanda Mesir.

Kantor berita Mesir MENA melaporkan Kedutaan Besar Inggris ditutup sementara karena "pergolakan yang sedang terjadi" yang telah mencapai daerah di sekitar lingkungan kedutaan.

Kedutaan Amerika Serikat juga menempuh langkah yang sama. Selain Inggris dan Amerika, negara-negara yang telah menutup sementara kedutaan di Kairo adalah Kanada dan Belgia.

Kekerasan masih berlangsung di beberapa wilayah Mesir. Satu orang tewas dan 400 orang mengalami luka-luka di kota Port Said pada Minggu (27/01) ketika aparat keamanan bentrok dengan massa yang mengikuti pemakaman massal warga yang Klik tewas sehari sebelumnya.

Polisi menembakkan gas air mata ke ribuan warga yang berkumpul. Banyak di antara mereka masih marah atas vonis pengadilan yang menjatuhkan hukuman mati kepada 21 terdakwa atas peran mereka dalam kekerasan fatal di pertandingan sepak bola di Port Said tahun lalu.

Sementara itu bentrokan antara aparat keamanan dan pengunjuk rasa juga masih berlanjut di dekat Lapangan Tahrir, Kairo. Pemrotes menuduh Presiden Mohammed Morsi mengkhianati revolusi, tetapi presiden telah membantah tudingan itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com