Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oposisi Mesir Ancam Boikot Pemilu Parlemen

Kompas.com - 27/01/2013, 01:18 WIB

KAIRO, Kompas.com - Oposisi Mesir pada Sabtu (26/1/2013) mengancam akan memboikot pemilihan parlemen mendatang, jika Presiden Mohamed Moursi tidak menemukan "penyelesaian menyeluruh" untuk krisis yang melanda negara itu.

Front Penyelamatan Nasional (NSF), koalisi partai-partai utama dan
gerakan-gerakan yang menentang kelompok Islam yang berkuasa, menyerukan pembentukan pemerintah "keselamatan nasional", dan mengatakan bahwa selain itu pihaknya "tidak akan berpartisipasi dalam pemilihan parlemen berikutnya.

Pernyataan itu terjadi pada saat Moursi menghadapi krisis terburuk sejak dia mengambilalih kekuasaan pada Juni lalu. Bentrokan di kota kanal Port Said menyebabkan sedikitnya 22 tewas, sehari setelah sembilan orang tewas dalam bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa anti-Moursi.

NSF mengutuk kematian dalam apa yang disebut "gelombang revolusioner baru" dan meminta rakyat Mesir untuk melakukan protes secara damai.

Pihaknya menyerukan pembentukan pemerintah baru keselamatan nasional, komite hakim untuk mengamandemen konstitusi yang dianggap "nihil" dan penembakan jaksa agung yang ditunjuk oleh Moursi.

Jika kondisi ini tidak terpenuhi "dalam beberapa hari mendatang", NSF "akan menyeru rakyat Mesir untuk menggelar aksi protes pada Jumat guna menurunkan konstitusi" dan menyerukan bagi pemilihan dini presiden.

Sebuah konstitusi Islam yang disusun telah diadopsi pada Desember, tetapi oposisi mengatakan undang-undang dasar tersebut gagal melindungi hak-hak penting warga negara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com