Kompas.com - 25/01/2013, 17:50 WIB
EditorErvan Hardoko

ALEPPO, KOMPAS.com — Cinta memang kekuatan yang paling dahsyat di dunia ini. Bahkan, perang dahsyat yang terjadi di kota Aleppo tak bisa memadamkan cinta antar-anak manusia.

Yusef dan Ghada, dua warga kota Aleppo, Suriah, bertemu lewat situs jejaring sosial Facebook. Keduanya menjalin cinta dan sepakat untuk melanggengkan cinta mereka ke jenjang perkawinan.

Sayangnya akibat konflik bersenjata berkepanjangan di Suriah, tak satu pun pengadilan agama yang beroperasi di Aleppo. Alhasil keduanya memutuskan untuk mengucapkan janji pernikahannya di hadapan seorang komandan pasukan pemberontak Suriah.

"Upacaranya sangat cepat. Kami menandatangani surat, bertukar cincin, dan kami sudah menikah. Bapak komandan (yang juga seorang ulama) nampaknya terlalu sibuk untuk membacakan kami ayat-ayat Al Quran," kata Yusef (26) sambil tertawa.

Pernikahan di antara anggota pemberontak, yang juga kerap membantu wartawan asing yang datang ke Suriah dan kekasihnya yang berusia 33 tahun, tak hanya membahagiakan pasangan ini, tetapi juga memberi berkah untuk pasukan pemberontak di Aleppo.

Akibat pernikahan ini, pasukan pemberontak bisa beristirahat sejenak bagi pasukan yang menguasai distrik Sukkari di bagian tenggara Aleppo. Mereka menembakkan senapan serbu AK-47 ke udara sebagai tanda ikut berbahagia atas pernikahan ini.

"Selamat! Semoga Tuhan memberi kalian anak yang banyak," kata salah seorang anggota pemberontak saat kedua mempelai menari dalam lingkaran yang dibuat kawan-kawan mereka.

"Kita tak akan biarkan perang merusak hidup kami. Kami tak tahu kapan perang akan berakhir. Bisa jadi beberapa bulan lagi, atau mungkin 10 tahun lagi. Apakah saya harus menunggu perang selesai untuk melanjutkan hidup?" kata Yusef.

Sayangnya, tak satu pun anggota keluarga Ghada yang hadir dalam pernikahan putrinya ini. Sebab, keluarga Ghada tinggal di sisi lain kota yang terhalang wilayah yang dikuasai pasukan Pemerintah Suriah.

Bahkan, untuk mendapatkan restu keluarganya, Ghada butuh waktu berbulan-bulan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.