Kompas.com - 25/01/2013, 16:13 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com — Parlemen Rusia, Jumat (25/1/2013), diharapkan memberi dukungan awal untuk undang-undang yang melarang "propaganda" homoseksual di kalangan anak-anak. Ini berarti kaum gay bisa dikenai hukuman denda jika menampilkan diri atau bermesraan di ruang publik.

Rancangan undang-undang ini didasari aturan sejenis yang diberlakukan di kota kelahiran Valdimir Putin, Saint Petersburg, tahun lalu dan di beberapa daerah di Rusia.

Dan kini, partai berkuasa Rusia Bersatu mengajukan usulan pemberlakuan sebuah undang-undang federal anti-gay ke majelis rendah parlemen, Duma.

Undang-undang yang ada saat ini hanya "melarang" propaganda sifat-sifat homoseksual di antara anak-anak. Para aktivis hak-hak gay khawatir kalimat-kalimat mengambang dalam undang-undang ini bisa membuat kaum gay dihukum hanya karena bergandengan tangan di ruang publik.

Hukuman bagi pelanggar undang-undang ini adalah 165 dollar AS untuk individual dan hingga 1.650 dollar AS untuk kelompok atau kalangan tertentu. Bahkan, institusi resmi seperti sekolah dan dunia bisnis bisa mendapat denda hingga 165.000 dollar AS jika melanggar.

Para aktivis pembela hak-hak gay berencana untuk melawan rencana peluncuran undang-undang ini dan sekelompok kecil penentang undang-undang ini merencanakan "protes dengan berciuman" di luar gedung parlemen Rusia.

Pada Jumat ini adalah pembahasan pertama dari tiga kali pembahasan rancangan undang-undang di Duma. Selanjutnya, rancangan undang-undang ini akan dikirim ke majelis tinggi untuk disetujui sebelum mendapatkan tanda tangan Presiden Putin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.